Halaman

Senin, 17 September 2018

DASAR PEMROGRAMAN PHP


DASAR PEMROGRAMAN PHP

Pada Modul ini anda akan belajar dasar-dasar Pemrograman PHP yang berkolaborasi dengan Skrip HTML (HyperTex Markup Language), dengan latihan yang biasa diperlukan dalam membuat Form Program dan tampilan. Beberapa perintah dasar PHP yang perlu anda kuasai adalah Struktur Kontrok (if, if else dan If else if ) dan perulangan (While, For dan Foreach ), akan tetapi sebelumnya anda akan belajar menggunakan variabel data, termasuk variabel data array.

    PERSIAPAN MEMBUAT PROGRAM
Pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat program PHP adalah menginstall webserver, yaitu XAMPP Server dalam komputer atau laptop yang akan anda pakai membuat program. Anda dapat membaca kembali pembasan pada modul 2 tentang bagaimana caranya menginstall Xampp Server.
Setelah XAMPP server di install, berikut ini adalah  beberapa syarat yang harus anda ketahui saat akan membuat program PHP yaitu :

  • Anda Harus mengaktifkan webserver dari XAMPP Control Panel yaitu dengan menghidupkan fasilitas Apache klik tombol Start.
  • Setelah itu baru anda dapat membuat program PHP, dan programnya harus disimpan dalam folder webserver yaitu pada folder htdocs. Alamat lengkapnya adalah C:\xampp\htdocs
  • Untuk dapat mengakses program yang sudah dibuat dapat dilakukan dengan mengakses lewat browser seperti Mozila Firefox, Internet Explorer, Goolgle Crome, Opera, Safari dan lainnya.
  • Alamat yang dipakai untuk mengakses file program dalam folder C:\xampp\htdoc adalah dengan menggunakan http://localhost/lalu diikuti nama file programnya atau folder program yang akan dibuka, misalnya http://localhost/latihan-php

 
     Membuat Folder Kerja
Supaya lebih mudah dalam mengakses program hasil latihan, maka anda dapat membuat folder kerja  sendiri di dalam folder htdocs, pada Pratikum ini silahkan ananda bikin nama Foldernya “Latihan-php”. Ikuti langkah berikut ini untuk membuat folder tersebut

  • Buka Windows Explorer.
  • Masuklah pada folder C:\xampp\htdocs, lalu buat folder baru dengan nama Latihan-php
  • Seperti pada gambar dibawah ini


Gambar 3.1 Folder Latihan-php untuk menyimpan file program latihan

Dengan membuat folder kerja baru bernama “latihan-php”, maka nanti semua program yang dibuat akan disimpan dalam folder tersbut, yaitu pada C:\xampp\htdocs\latihan-php\. Sehingga untuk mengakses hasil semua program PHP yang ananda buat dengan cara mengetik alamat di browser http://localhost/latihan-php/. Seperti pada gambar berikut ini:


Gambar 3.2 mengakses Folder kerja latihan-PHP dari browser mozila Firefox

      Membuat Program menggunakan Dreamweaver

Untuk membuat skrip program, anda dapat menginstal editor program seperti dreamweaver . pada pratikum ini ananda di arahkan untuk menggunakan dreamweaver 8. Ikuti langkah berikut ini untuk membuat lembar kerja pertama ananda.
1.    Buka Dreamweaver 8.0

Gambar 3.3 Halaman Muka macromedia Dreamweaver 8.0

2.    Buat halaman kerja baru dari  menu File, New (atau Ctrl+N)
3.  Pilih tipe halaman kerja PHP, dari dinamic Page, Klik PHP  dan klik Create

Gambar 3.4 membuat halaman kerja baru di macromedia dreamweaver 8.0

4.    Dari dokumen baru yang terbuka, Klik tab Code View

Gambar 3.5 Mengakses halaman Code View untuk membuat skrip PHP

5. Dari Skrip HTML yang tersedia disana, ananda dapat menghapusnya, atau juga dapat menggunakan yang di perlukan saja. (disarankan untuk menghapus semuanya)
6.    Sebagai latihan, buat skrip program halo PHP berikut : 

#Latihan 1

<html>

<head>

<title>Halo PHP</title>

</head>

<body>

Halo PHP, salam kenal dari saya Anggi Hadi Wijaya, S.Pd, M.Kom

</body>

</html>

Tampilan dalam macromedia Dreamweaver adalah

Gambar 3.6 membuat program dari macromedia dreamweaver 8.0

7.    Setelah selesai, Simpan programnya pada Folder Kerja C:\xampp\htdocs yang tadi sudah dibuat sebelumnya. Nama filenya diakhiri dengan ekstensi (akhira) .php, misalnya halo.php
8.    Untuk melihat hasilnya, silahkan buka alamat http://localhost/latihan-php/ atau langsung mengakses http://localhost/latihan-php/halo.php pada browser ananda.
Gambar 3.7 Mengakses Folder kerja latihan-php


Gambar 3.8 Mengakses File Latihan Halo.php

0 komentar:

Posting Komentar